8/06/2010

A Long Trip To South Celebes


Jadi tanggal 23 juli 2010 kemaren gue ke Makassar. Tepatnya itu hari Jum'at. Seneng banget bisa keluar dari Jakarta. Emang sih pergi nya ngga jauh-jauh tetep di Indonesia. Tapi seengga nya bisa bilang "daaa Jakarta" untuk beberapa saat. Perjalanan dari Jakarta-Makasar butuh waktu kira-kira 1 setengah  jam. Gue kesana bareng sepupu sama tante gue. Kita dibagi jadi 2 rombongan. Rombongan pertama rombongan gue. Karena rombongan pertama udah nyampe duluaan jadi kita makan dulu untuk nungguin rombongan 2 nyampe. Kita makan di restaurant khusus mie titi. Nah jadi di situ menu makanan nya cuman ada mie titi. Variasi nya ada yang gede dan  yang kecil. Dan mie nya itu enak banget. Semacam ifu mie yaitu mie mentah terus digoreng bukan direbus loh. Nah terus mie nya itu dikasih bumbu kuah gitu. Kalo ngga salah sih bumbu nya bahan nya telor. Nah terus ada ayam nya dan terakhir dikasih jeruk nipis. Itu enak banget. Gue ngga tau sih yang kaya gitu ada di Jakarta ngga. Jadi gue puas-puasin makan mie itu.


Hari kedua di Makassar seru banget. Karna itu satu-satu nya hari yang full dengan jalan-jalan. Pagi-pagi kita ke pelabuhan untuk nyebrang pulau. Kita mau snorkeling yippie. Nah pulau yang mau kita kunjungi itu pulau salamona. Coba tolong di googling kalo mau liat pulau itu sekeren apa. Bener-bener jernih. Ada gradasi warna di laut nya. Dan alami banget. Kalau untuk dibilang suka main di pantai bukan gue banget. Soalnya males panas-panas, lebih mending photo pemandangan di sekitar abis itu langsung berteduh deh di pohon. Tapi untuk kali ini ngga. Karna pertama pantai nya ngga rame. Terus kedua masih bersih. Jadi tetep semangat :D Sampe disana kita langung nyari penyewaan snorkeling. Abis itu langsung nyelem. Untuk trumbu karang ngga begitu bagus ngga tau kenapa. Tapi banyak ikan nya sih. Bagus banget. Sepupu gue ngeliat nemo, dan gue ngeliat temen nya yang warna biru. Terus ketemu ikan ngga tau nama nya apa. Bagus gitu warna nya hijau glow in the dark. Sempet sih keminum air laut nya :( tapi tetap melanjutkan penyelaman. Kita dipulau itu selama mungkin 5 jam kali yah.

Terus dari situ kita balik lagi ke pelabuhan dan ke hotel. Kita mau mandi-mandi dulu. Dan kembali jalan-jalan lagi. Kalau tadi wisata air sekarang kita wisata daratan. Kita mau ke dua tempat yang ada di 1 kabupaten. Kita kabupaten maros. Maros itu udah luar makassar. Mungkin kaya jakarta dan bogor kali ya? tapi masih satu provinsi. Diperjalanan kita butuh waktu sekitar 1 jam lebih. Nah pas sampe disana kita langsung ke tujuan pertama yaitu leang-leang. Leang-leang itu peninggalan masa purba. Mungkin kedengeran nya boring yap? tapi ngga sama sekali. Kalo kita mau kesitu kita bakal lewatin rumah penduduk, hamparan sawah, dan yang paling keren bukit-bukit. Bukit nya beda dari yang lain. Tajem-tajem dan lancip-lancip. Lebih mirip kaya gumpalan batu tapi berbentuk perbukitan dan pohon-pohon. Gue suka alam indah banyak pohon binatang tumbuhan langit aaah keren banget. Pas sampe di leang-leang kita langsung di ajak jalan keliling sama tour guide nya. Dan itu jalan nya bikin keringetan banget. Ngga jauh sih dari tempat parkir. Cuman karna naik tangga melulu jadi keringetan untung nya cuaca nya ngga panas-panas banget. Terus kita dikasih tau kalo di leang-leang itu ada cap tangan manusia purba. Oke perlu diketahui leang-leang itu semacam goa. Tapi bukan goa yang bia kita telusuri dalem banget. Selain ada cap tangan manusia purba ada juga gambar babi rusa. Kata nya orang purba buat gambar itu buat ngindarin dari roh-roh jahat. Terus kita nemuin sampah dapur yaitu kerang-kerang yang udah nempel di batu. Katanya dulu dari disitu pantai, nah manusia purba makan kerang untuk sehari-hari nya. Karna ada bancana entah apa jadi nya pantai nya udah ngga ada. Karna udah capek kita balik ke mobil dan nerusin perjalanan. Kita mau ke air terjun banti murung dan tempat penangkaran kupu-kupu. Disana sebenernya pada main air. Cuman karna males ganti baju jadi gue ngga main air. Sedikit males sih soal nya tadi pagi udah nyelem juga. Dan akhir nya kita pulang ke hotel kira-kira ya jam 7 malem. Dan hari itu seru banget. Makan malem nya makan mie titi lagi untuk ke dua kali nya :D

Hari ketiga kita pulang. Sebenernya masih kepingin ke toraja. Cuman dari awal emang udah diputusin sih untuk ngga ke toraja. Karna daerah nya yang di gunug dan satu lagi butuh 8 jam dari makassar ke toraja. Yah mungkin kaya dari jakarta ke solo. Itu mah jauh banget. Mungkin lain waktu atau entah kapan :)

-------------------------------------------------------------------------------------------------

Sekarang gue kelas 9. Bener-bener cape banget. Banyak PR. Ngga tau ini emang ngga sengaja PR nya berbarengan atau emang udah di rencanain kelas 9 itu harus banyak PR. Inti nya capek. Tapi gue ngga mau ngelewati kelas 9 gue. Kalo untuk milih kelas 7 dan 8 atau kelas 9 gue lebih milih kelas 7 dan 8. Lebih nyaman dan ngga banyak PR. Tapi gue kepingin banget kelas 9 ini berarti, gue ngga mau waktu nya cuman gue buang-buang dan akhir nya cuman ada penyesalan. Sebisa mungkin gue akan berubah keburukan yang ada pas kelas 7 dan 8. Gue mau lulus dengan nilai terbaik yang bisa gue bisa liatin ke orang tua gue, terus gue kepingin masuk SMA yang gue pingin. Semoga semua proses nya berjalan lancar dan akhir nya juga apa yang terbaik buat gue :)

Tidak ada komentar: